Jumat, 31 Agustus 2012

2 tipe koneksi internet yang berbeda ;

 1. Dial-Up

Mengakses Internet secara dial up adalah mengakses internet dengan menggunakan saluran telepon baik telepon tetap maupun telepon bergerak. Syaratnya kita harus mempunyai Modem.  Modem singkatan dari Modulator Demodulator yang merupakan alat yang berfungsi mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya.

Untuk melakukan koneksi secara dial up, pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.

Contoh koneksi internet dengan metoda dial up ini misalnya koneksi internet dengan telkomnet@instan yang menggunakan line telepon telkom, koneksi internet lewat handphone yang memiliki modem, dan koneksi internet dengan menggunakan USB Modem. 



2. ADSL (Asymmetric Diagital Subcriber Line)

 ADSL merupakan koneksi yang lebih cepat dibandingkan dengan koneksi yang lainnya seperti Dial-up, GPRS atau CDMA. Koneksi ini memiliki kecepatan transfer yang cukup besar dikarenakan koneksi ini menggunakan jalur pita yang lebar yang memungkinkan banyak bit-bit yang melalui pita ini. Teknologi ADSL memberikan kecepatan pengiriman data yang berbeda antara downstream dan upstream. Untuk meningkatkan kinerja dari koneksi ini maka digunakan istilah Asymmetric. Teknologi ADSL ini mampu menagirimkan data downstream sekitar 1.8 Mbps sampai 8 Mbps dan upstream sampai 640kbps.

 Contoh koneksi internet ADSL ini sendiri adalah Speedy.

Jika dibandingkan hal di atas dan menurut pengalaman pribadi, saya akan memilih menggunakan koneksi ADSL.Karena ;

a. Mudah dalam instalasi.
b. Hemat investasi karena menggunakan jaringan kabel existing untuk pengembangan jaringan baru.
b. Menawarkan kecepatan hingga 125x lebih cepat dibandingkan dengan 56k modem.
c. Koneksi yang mudah sehingga tidak perlu melakukan dial-up lagi.
d. Kestabilan koneksi dan keamanan lebih terjamin karen koneksi dilakukan dengan kabel sendiri yang bersifat point-to-point.
e. ADSL memberikan kemampuan Internet dan Voice/Fax secara simultan. Ini berarti kita dapat Surfing internet dan menggunakan Telepon atau Fax pada saat bersamaan. Ini akan memberikan kepuasan untuk menikmati High-Speed Internet Access tanpa kehilangan kontak telepon dengan relasi.
f. Trafik menerima data lebih besar daripada pengiriman, sehingga cocok digunakan pada level pengguna akhir, seperti untuk kebutuhan multimedia


Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda