Jumat, 14 Desember 2012

Teknologi Pembayaran Elektronik

Transaksi adalah kejadian yang melibatkan unsur lingkungan dan mempengaruhi posisi keuangan. Dewasa ini unsur lingkungan tersebut sudah termasuk juga lingkungan pada dunia maya dan dunia tidak langsung sehingga muncul juga transaksi pembayaran secara elektronik.

Menurut undang-undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik), transaksi elektronik adalah perbuatan hukum yang dilakukan dengan menggunakan Komputer, jaringan Komputer, dan/atau media elektronik lainnya.

Maka pembayaran elektronik adalah Sistem transaksi tidak cash, penempatan kontrak dan transfer uang diantara penjual dan pembeli, bank dan klientnya.pembayaran ini merupakan pembayaran yang sah secara hukum dan dilakukan dengan menggunakan Komputer, jaringan Komputer, dan/atau media elektronik lainnya, serta bantuan komunikasi elektronik pengkodean informasi dan pengolahan otomatisnya.



1. PAYMENT CARDS,

Pengusaha sering menggunakan kartu pembayaran berjangka sebagai istilah umum untuk menggambarkan semua jenis kartu plastik yang digunakan konsumen (dan beberapa bisnis) digunakan untuk melakukan pembelian.

Contoh :   

- credit cards,

Penerbit kartu kredit membebankan bunga atas saldo yang belum dibayar. Banyak konsumen sudah memiliki kartu kredit, atau setidaknya akrab dengan bagaimana mereka bekerja. Kartu Kredit secara luas diterima oleh merchant di seluruh dunia dan memberikan jaminan untuk kedua konsumen dan pedagang.

 - debit cards,

Sebuah kartu debit tampak seperti kartu kredit, tetapi bekerja cukup berbeda. kartu debit menghilangkan jumlah penjualan dari rekening bank pemegang kartu dan transfer ke rekening bank penjual.


 2. ELECTRONIC CASH,


Uang tunai elektronik (juga disebut e-cash atau digital cash) adalah istilah umum yang menggambarkan setiap penyimpanan nilai dan sistem pertukaran diciptakan oleh swasta (nonpemerintah) entitas yang tidak menggunakan dokumen kertas atau koin dan yang dapat berfungsi sebagai pengganti mata uang fisik.

Contoh :

- Clickshare,

Clickshare adalah sistem kas elektronik bertujuan untuk majalah dan penerbit surat kabar. Teknologi Clickshare telah kadang-kadang disebut sistem micropayment-satunya, namun, kemampuan untuk membuat micropayments hanya salah satu fitur Clickshare itu. Pengguna dengan ISP yang mendukung Clickshare terdaftar secara otomatis dengan Clickshare.

- PayPal,

PayPal adalah sistem pembayaran tunai elektronik. PayPal menyediakan layanan pemrosesan pembayaran untuk bisnis dan individu. PayPal memperoleh keuntungan pada pelampung, yang adalah uang yang disimpan di PayPal rekening dan tidak segera digunakan. Setelah dua tahun dalam bisnis, PayPal mulai pengisian biaya transaksi untuk bisnis yang menggunakan layanan untuk mengumpulkan pembayaran. individu yang menggunakan PayPal untuk mengirim uang kepada orang lain tidak membayar biaya transaksi. Pembayaran bebas kliring layanan yang PayPal menyediakan kepada individu disebut peer-to-peer (P2P) sistem pembayaran karena pembayaran berasal dari satu jenis entitas yang lain dari yang sama jenis.



3. ELECTRONIC WALLET,

Sebuah dompet elektronik (kadang-kadang disebut e-wallet), melayani fungsi yang sama untuk dompet fisik, memegang nomor kartu kredit, uang tunai elektronik, identifikasi pemilik, dan pemilik informasi kontak dan memberikan informasi pada perdagangan elektronik.

Contoh :

-  Microsoft Passport. NET,

Microsoft NET Passport. (Sering disebut sebagai Passport atau Microsoft Passport) adalah serverside dompet elektronik dioperasikan oleh Microsoft.

- Yahoo! Wallet's,

Yahoo! Wallet adalah dompet server-side elektronik yang ditawarkan oleh Yahoo! portal web situs Fungsi Dompet Yahoo! dalam cara yang sama seperti dompet elektronik sebagian besar lainnya-dengan melengkapi formulir pemesanan secara otomatis dengan mengidentifikasi informasi. 



4. STORED-VALUE CARDS,

Saat ini, kebanyakan orang membawa sejumlah plastik kartu-kartu kredit, kartu debit, biaya kartu, SIM, kartu asuransi kesehatan, karyawan atau kartu pelajar identifikasi, dan lain. Salah satu solusi yang bisa mengurangi semua kartu ke kartu plastik tunggal disebut disimpan-nilai kartu. Sebuah kartu prabayar dapat menjadi kartu pintar rumit dengan microchip atau kartu plastic dengan strip magnetik yang mencatat keseimbangan mata uang. Perbedaan utama adalah bahwa smart card dapat menyimpan sejumlah besar informasi dan termasuk chip prosesor pada kartu. Pembaca kartu yang dibutuhkan untuk smart card yang berbeda juga. Umum disimpan-nilai kartu telepon prabayar meliputi, copy, kereta bawah tanah, dan kartu bus. Banyak orang menggunakan istilah "Stored Value Cards" dan "smart card".

Contoh:

-  Smart Visa card,

Visa memperkenalkan kartu pintar, kartu Visa pintar, pada tahun 2000. Salah satu promosi besar pertama dari kartu Visa baru terjadi pada tahun 2002-an ketika Sasaran pengecer memperkenalkan Sasaran nya Visa smart card untuk digunakan di toko-toko Target dan di situs Web Target.com. target Visa termasuk dompet elektronik dan informasi login otomatis untuk situs Web Target.com, tetapi juga berfungsi sebagai kartu Visa normal pada pedagang lain.

- Octopus Card,

Ini merupakan kartu yang sangat populer di Hong Kong, di mana counter ritel banyak dan register kas restoran memiliki pembaca kartu pintar. Transportasi kota perusahaan-kereta bawah tanah, bus, kereta api, trem, dan feri-bergabung bersama-sama dan menciptakan sebuah smart card yang disebut Octopus yang memungkinkan penumpang menggunakan satu kartu untuk semua kebutuhan transportasi publik mereka. Octopus dapat dimuat ulang pada setiap lokasi transportasi atau di toko 7-Eleven di seluruh Hong Kong.



Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda