Sabtu, 16 Maret 2013

Electronic Commerce / E-Commerce

Electronic Commerce / E-Commerce,

Merupakan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan computer.

Atau E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.


Salah satu contoh jaringan yang digunakan adalah internet.


Manfaat Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis,

Manfaat dari digunakannya E-Commerce ini adalah dapat menekan biaya barang dan jasa, serta dapat meningkatkan kepuasan konsumen sepanjang yang menyangkut kecepatan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan kualitas yang terbaik sesuai dengan harganya.

Berbelanja atau melakukan transaksi perdagangan melalui internet sangat berbeda dengan berbelanja atau melakukan transaksi perdagangan di dunia nyata. Dengan E-Commerce memungkinkan kita bertransaksi dengan cepat dan biaya yang murah tanpa melalui proses yang berbelit-belit, di mana pihak pembeli (buyer) cukup mengakses internet ke website perusahaan yang mengiklankan produknya di internet, yang kemudian pihak pembeli (buyer) cukup mempelajari term of condition (ketentuan-ketentuan yang diisyaratkan) pihak penjual.




Pure versus Partial E-Commerce,

Pure E-Commerce semua dimensi didalamnya yaitu dimensi digital dan tidak ada dimensi fisiknya sama sekali.

Partial E-Commerce yaitu merupakan campuran dari dimensi fisik dan digital.



E-Commerce dilihat dari sudut pandang :

-         - Proses Bisnis
-         - Pelayanan
-        -  Learning / Pembelajaran secara online
-         - Collaboration / kerja sama
-        -  Community




Jenis-jenis bisnis, antara lain :

- Brick And Mortar Organizations,
Merupakan bisnis yang beroperasi dengan sarana fisik/nyata atau langsung bertemu secara langsung dengan konsumen mereka yang datang ketoko seperti toko pakaian, toko sembako, warung kelontong dan lain-lain.

- Virtual (pure-play) Organizations,
Merupakan bisnis yang bertoperasi secara virtual atau online, tanpa adanya sarana fisik atau toko dari pihak yang bersangkutan.

- Click and Mortar Organizations,
Merupakan gabungan antara beberapa aktifitas bisnis dapat dilakukan ditoko online seperti memesan secara online maupun memberikan service kepada konsumen serta dapat menjalin kerja sama dengan toko lain atau perusahaan lain. Contohnya dalam pemesanan tiket pesawat.


Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda