Sabtu, 06 April 2013

SITUS LOWONGAN KERJA


Situs Lowongan Kerja berperan sebagai “pasar di dunia maya” yang bertugas menjodohkan penyedia kerja dengan pencari kerja.

Melalui account member yang telah dibuat, sebagai pencari kerja diberikan kesempatan luas untuk mengadu nasib lintas lokasi, baik itu daerah asal ataupun di negara-negara lain. Atau dengan kata lain, jangkauan informasi lowongan kerja berlaku lintas negara (berskala internasional).

Menawarkan database yang dibutuhkan masing-masing pihak. Bagi pencari kerja, disajikan berbagai macam tipe lowongan pekerjaan diikuti lokasi yang beranekaragam. Sedangkan bagi penyedia kerja, disediakan berbagai sumber daya manusia yang berlatarbelakang berbeda untuk disesuaikan dengan kualifikasi posisi yang sedang dibutuhkan. Di samping itu juga sama-sama menawarkan online advertising di frontpage bagi para perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang urgent.

Menyajikan beranekaragam hal yang berhubungan dengan pekerjaan, contoh: tips n tricks, training, artikel bersifat motivasi/inspirasi, dan lain-lain.


Contoh 2 situs lowongan kerja, yaitu :

                                                 
JobsDb.com


Di situs JobsDB yang hingga saat ini memiliki pengalaman di belantika penyediaan informasi lowongan kerja di Indonesia. Varian fasilitas pendukung telah ditawarkan situs ini untuk menambah nilai jual, selain itu user-interface yang intuitif dimana memanfaatkan new windows membuat navigasi lebih “semraut” karena user harus berkelana dari satu window ke window lainnya untuk memperoleh informasi yang dicari. Terbukti jelas pada frontpage, dihujani begitu banyak fitur yang ditampilkan sehingga membuat kebingungan bagi pengguna awam. Atmosfer yang bernuansa iklan perusahaan, artikel tambahan, serta klasifikasi pekerjaan berdasarkan tingkat jabatan telah meramaikan halaman depan yang terkesan lebih berorientasi pada penyedia kerja (perusahaan afiliasi).


JobStreet.com

Dari sisi layout, jelas menampilkan kesederhanaan agar enak dipandang mata dan semata-mata memberikan kenyamanan para user berlama-lama pada situs tersebut. Terlebih lagi bahwa Jobstreet memahami betul akan siapa yang mengakses situsnya dengan memetakan para pelamar kerja menjadi beberapa kategori, beberapa diantaranya seperti: employers, fresh grade/students, spesifikasi pekerjaan (part/full-time jobs), lokasi, posisi jabatan, dan seterusnya. Terlihat di halaman utama, didapati ruangan lowong yang mungkin memang sengaja dikosongkan agar tidak terlihat terlalu “ramai”.


Keduanya memiliki kantor perwakilan yang tersebar di beberapa negara Asia dan mempunyai fasilitas “job alert” dimana akan dikirim informasi lowongan pekerjaan secara periodik langsung ke email pelamar yang tentunya relevan dengan kriteria kebutuhan mereka. Karena kemudahan akses dan minimnya biaya yang dikeluarkan untuk mencari lowongan kerja, maka fasilitas ini betul-betul diandalkan oleh para pelamar kerja dalam menemukan “jodoh” yang tepat.

Dari kedua situs tersebut tersebut, juga banyak lowongan dalam bidang Sistem Informasi dan Tehnik Informatika.Miasalnya ada beberapa perusahaan mencari ahli dalam JAVA Programmer, Web Programmer, staf IT, Web Designer, dan banyak lagi lainnya.



Label:

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda